My Blog List

  • Paid Writing Jobs - 3 Online Writing Jobs You Begin Today - Recession-Proof Are Employed By AllAre you stuck at about a job that does not pay enough to cover all of the expens...
  • Menikmati Keindahan Tanah Papua - Pernah berkunjung ke wilayah timur Indonesia, Jayapura? Kota Jayapura, Papua pulau paling timur Indonesia ini memiliki keindahan alam yang tersembunyi dan ...

Atur Account Facebook Anda!

Beneran, gw ga tau apa alesan beberapa diantara kita menyombongkan jumlah friend di social networknya. Ini memang bukan kasus terhangat, malas udah basi banget. Cuma gw masih belom habis pikir aja. Kasus kayak gini kayaknya berawal dari era Friendster dulu. Era "pa banyak2 temen" menurut gw. Banyak temen gw sendiri getol banget nyari2 temen baru, terutama yang dengan profil yang [ngakunya] cakep, cute, manis ==a

Friend Facebook gw yang "masih" segini. Bisa bertambah juga berkurang lagi neh xp

Mungkin akan terlihat lebih eksis bila kita memiliki jumlah teman banyak. Itu asumsi. Tapi apa kita butuh banyak teman maya? Belom tentu.

Gw sendiri malah mikirnya kalo temen maya yang gw butuhkan adalah temen yang account nya aktif. Yang tiap update status/blog, isinya nyambung dengan kehidupan gw. Cukup. Gw ga butuh account yang ga jelas nawar2in dagangan mulu, invite2 ga jelas, ato malah update status/blog nya SARA banget. Gw juga ga butuh account yang hyper active, yang tiap menit ada update status/blog, bisa2 menuh2in timeline gw, itu sama aja kayak SPAM bagi gw. Terlebih kalo  account nya ga aktif ==a

Lantas bagaimana gw me-manage account gw supaya bisa nyaman bagi kehidupan gw sendiri?

Gw contohin pake social network Facebook gw.

o Pastikan kita butuh ama neh bocah. Ga asal add/approve karena caem. Kalo caem terus keliatan anak orang kaya, lanjutkan.

o Liat update status nya. Kalo update statusnya keseringan [tiap <10 menit update], jangan di add/approve. Kalo kelamaan [>1minggu] pikirkan lagi. Kalo statusnya iklan semua, cancel it. Kalo isinya SARA, apalagi bawa2 nama nyokap bokap lu, lapor polisi.

Kalo udah kelamaan nggak update, biasanya kosong gini

o Liat mutual friend nya. Semakin banyak yang jadi mutual friend semakin bagus, brati dia emang ada di jalur pertemanan anda. Kalo dikit banget ato malah nggak ada, trus si dia nya juga jelek, cancel it. Tapi meski mutual friend nya ga da, tapi si dia cakep, lanjutkan!

Mutual friend lumayan, standar gw mutual fiend paling baik ntu 100 biji

o Liat photo nya. "Jangan liat orang dari fisik" itu Bull-Sheet. Kalo ga da fotonya, cancel it, dia ga niat bikin social network. Kalo foto nya ga ada yang asli, batalin, dia aja ga pede ama mukanya sendiri, gimana kita yang ngeliat? Kalo foto nya cowo cakep, cepet2 istighfar trus shalat Taubat, yang cakep cukup gw sendiri :p

o Kalo account dia di private, shalat Istiqharah gih, tipe ini bisa jadi emang bener2 memprotect account dia, bisa juga cuma nyari temen doank. Lebih baik cancel, persentase anda di approve, kecil, biarpun dia meng-approve, brati keliatan dia cuma nyari temen doank.

o Meski dia salah satu temen deket lu, jangan asal add/approve sembarangan, bersikap adillah, Indonesia butuh orang adil. Kalo yang menta approve nyokap bokap lu, cepet2 approve, setidaknya menyelamatkan uang jajan itu lebih penting :)

o Nggak asal join group / nge-Like sembarangan, kebanyakan join group / nge-Like sembarangan bakal memperparah timeline anda dan memenuhi message anda dengan message2 ga jelas. Setidaknya daripada message2 ga jelas yang masuk, lebih baik mendadak ada pulsa masuk ke hape kan.

o Bila kemudian ada beberapa teman yang kemudian vacuum lantas masuk ke box Reach Out, periksa kembali dengan poin2 di atas perihal update status dan cakep jeleknya dia. Kalo ternyata update statusnya udah bener2 kelamaan ga di update, lebih baik tancap gas Remove dia. Kalo ternyata jelek, tekan tombol Remove dengan elegan. Kalo ternyata lebih cakep dari gw, ga usah pake mikir, Remove juga, demi hak asasi orang biasa2 aja.

Ini adalah box untuk kaum yang jarang berkomunikasi dengan anda

Remove untuk kenyamanan timeline/newsfeed anda

o Jangan mengaktifkan fitur chatting, bila anda sedang dilamar dirundung masalah berniat mencari referensi tugas di internet. Fitur ini akan memperlambat kinerja, terutama kinerja anda yang sedang nyari referensi tugas.

o Jangan kebanyakan nge-poke temen, terutama temen yang anda ga kenal, ato bukan temen deket anda. Karena ini sama aja dengan mendeklarasikan diri anda sebagai bencong2 lampu merah yang doyan colek2 ga jelas.

o Sering2 lah mengevaluasi account anda, apakah ada group yang sudah masa nya anda tinggalkan, ato beberapa website yang udah ga butuh jempol anda lagi. Apakah ada temen2 yang mulai vacuum. Apakah photo profile gw udah gw update.

o Sekedar peringatan, menjadi friend artis favorit anda bukan berarti anda bisa berkomunikasi dengan mudah dengan sang artis. Contoh, favorit gw : Raditya Dika, setahu gw dia udah punya 4 account di Facebook. Kenapa harus 4? Karena Facebook membatasi jumlah teman hingga 5000 saja [seperti pepatah : 1000 teman kurang, 1 musuh terlalu banyak, 5000 teman mau dibawa kemana]. Keberadaan anda ditengah2 20.000 friend pasti bikin comment ato message lu terlewati dengan mudah. Mending add gw yang ampe sekarang masih belom jadi artis xp

o Inget, yang namanya Sibling itu adalah saudara kandung, saudara sepupu ato sebagainya yang masih masuk ke dalam keluarga besar, bukan kayak gini. [dicolong dari kaskus]



Kalo emang sibling nya sebanyak ini, masing2 keluarga punya anak berapa biji yak ==a


o Tapi bagi anda yang lebih memilih mencari rupiah di ranah social media, jumlah friend emang dituntut berjumlah banyak. Contoh, gw ikut afiliasi salah satu perusahaan yang mau membayar atas tweet kita. Gw udah daftar, dan beberapa test nya udah gw jalani, hanya tinggal satu hal. Follower twitter gw masih <100 orang, padahal dibutuhkan di atas 100 orang. Jadi hingga sekarang belom ada satu rupiah pun yang gw terima dari ranah social media. Bukan gw ga doyan duit, gw lebih mentingan komunikasi gw dengan para penggemar gw :)

Account Twiter gw yang masih kurang 12 follower lagi buat ngerecehin rupiah
Bagaimana dengan account social media anda?

4 comments:

  1. Tips-nya lengkap dan bagus kang...
    "...Ga asal add/approve karena caem. Kalo caem terus keliatan anak orang kaya, lanjutkan "
    I like it.... hahahahaha....

    ReplyDelete
  2. ckckckck! Hebat! Komprehensif sekali bahasannya! Salut!

    ReplyDelete

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.