My Blog List

  • Paid Writing Jobs - 3 Online Writing Jobs You Begin Today - Recession-Proof Are Employed By AllAre you stuck at about a job that does not pay enough to cover all of the expens...
  • Menikmati Keindahan Tanah Papua - Pernah berkunjung ke wilayah timur Indonesia, Jayapura? Kota Jayapura, Papua pulau paling timur Indonesia ini memiliki keindahan alam yang tersembunyi dan ...

Blog Gratisan + Album Web Gratisan

Blogger merupakan hobi yang dapat dijadikan pekerjaan yang menyenangkan. Hanya dengan menjaga kualitas post dan kekonsisten-an dalam mem-post sesuatu, blog anda akan segera ber-value. Ditambah dengan banyaknya sub domain yang dapat digunakan secara free, dengan kualitas yang keren abiz.


Namun sebagaimana masalah umum yang diketahui bila menggunakan layanan gratis, keterbatasan selalu membayangi. Baik keterbatasan dalam hal kualitas, fitur, security, hingga space.

Fokus pada masalah keterbatasan space, bagi para pengguna blogger.com tentunya akan cukup dimanjakan dengan terhubungnya akun blogger dengan akun Picasa [meski kebanyakan blogger tidak menyadarinya]. Space yang tersedia sekitar 1GB. Gw belom tahu apa yang mungkin terjadi bila kelebihan kapasitas, akankah ada secara otomatis akun Picasa kedua :D

Namun bagaimana dengan pengguna wordpress.com ??

Support wordpress.com menunjukkan bahwa layanan mereka memberi space gratis sebesar 3000MB atau 3GB. Dengan tambahan fitur audio uploading bila kita mengupgrade storage space nya dengan pilihan 5, 15, 25, 50 atau 100GB.

Sekarang bagaimana dengan pengguna yang menggunakan layanan lokal, semacam blogdetik.com , rumahtulis.com , dagdidug.com , atau layanan blog campus semacam student.ipb.ac.id [layanan IPB blog campus] ?? Yang mana mereka hanya memberikan space <50MB ?? Atau dengan layanan free blog lainnya?

Salah satu solusi yang masuk akal adalah dengan memadukan layanan blog tersebut dengan layanan album web gratisan macam Picasa, Flikr, atau yang lainnya.

Tutorial yuk..

Pertama buka akun album web anda. Berikut saya menggunakan album web Picasa dari Google. Kemudian klik icon upload.

Homepage Picasa gw :D

Ketika pop up upload muncul, silahkan klik album dimana gambar tersebut akan diletakkan, kemudian klik icon select album yang ada


Sekarang tinggal pilih gambar yang akan di upload deh. Lalu klik start upload

Perhatikan kolom kanan bawah pada gambar di atas, bila diperbesar akan terlihat seperti gambar di bawah. Kolom ini menyajikan status volume storage anda.


Setelah itu, anda akan dibawa kembali pada halaman home. Klik album dimana gambar tersebut berada. Contoh album pada saat dibuka digambarkan dengan gambar dibawah.


Selanjutnya klik gambar tersebut, hingga muncul dengan size aslinya. Kemudian klik kanan pada gambar tersebut, pilih copy image url.


Selanjutnya kita pindah pada halaman post pada dashboard blog anda [disini saya menggunakan dashboard student.ipb.ac.id yang menggunakan wp-mu]. Klik add image yang ditunjukkan tanda panah


Pilih tab From URL, isikan image URL nya dengan hasil Copy Image URL yang tadi anda lakukan di album web anda


Hasilnya, gambar2 anda akan tetap terpost di blog anda, tanpa mengurangi space blog anda.

Selamat mencoba.. Hidup Gratisan!! :D

7 comments:

  1. nice info...

    lo ga ke stand OMDA dramayu???

    ReplyDelete
  2. haha hidup gratisan sayah setuju nih wkwkw
    makasih atas tutorialnya ni ^^
    salam blogor :)

    ReplyDelete
  3. @ Adit, kagak dit, gw lagi banyak2 istirahat.. Masih nggak enak badan
    @ Kang Ian, *salaman ma fans gratisan :)

    ReplyDelete
  4. harus mulai belajar picasa nih
    salam persahablogan

    ReplyDelete
  5. waaa... langsung praktek deh :)
    thx infony

    ReplyDelete
  6. Yo'i neng.. Keep blogging yak :)

    ReplyDelete

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.