My Blog List

Koprol by Yahoo!


Semakin hari, open source rupanya semakin menarik perhatian gw.


Konsep nya yang unik dan kualitas yang telah terbuktikan sama bahkan lebih baik dari software yang berbayar semakin mengukuhkan semangat ini.


Ditambah tugas basisdata untuk membuat database menggunakan script php dan html membuat kemampuan coding gw cukup bertambah banyak, meski bila dibandingkan dengan teman sekelas, gw ga kan ada apa2 nya. Tugas dan PR elektronika lanjut juga membuat kemampuan codingan ini semakin bertambah saja, dengan puluhan baris pemograman Assembly, BASIC, dan C. >> Kek ABC (^_^)



Selain semangat open source, semangat cinta tanah air pun mulai menggeliat di dalam diri ini. Bukan hanya ikut2an, namun kualitas produk tanah air ternyata kebanyakan lebih baik dari produk luar. Hanya terkadang pemikiran masyarakat luar sudah terpengaruhi untuk me-rank produk dalam negeri berada dalam barisan paling bawah.


Salah satu produk dalam negeri yang gw sukai adalah layanan Geosocial ala Koprol.

Tahu tentang layanan ini dari milis Blogor yang saat itu tengah membahas Geosocial, dan rekomendasi paling banyak jatuh pada Foursquare dan Koprol.

Entah mengapa, gw agak kurang suka dengan layanan Foursquare, hingga cuma nebeng akun disana. Namun dengan koprol, sekali sign up, gw dengan mudahnya jatuh hati.

Setidaknya sampai beberapa hari yang lalu.


Yapz, setelah beberapa saat yang lalu layanan Koprol di akuisisi oleh Yahoo! dengan nilai $100 milyar, dengan berat hati gw klik “Decline” pada eula baru “Koprol by Yahoo!” yang dengan otomatis membuat gw hengkang dari Koprol.

Bukan tanpa alasan. Salah satu niat gw bergabung di Koprol adalah produk dalam negerinya. Bahkan mungkin bisa dibilang salah satu layanan socialnetwork yang paling menarik bagi gw. Terbukti jumlah jam terbang gw lebih banyak di Koprol daripada di Facebook atau di Twitter.


Tapi itu mungkin dulu, kini gw mesti berpikir lagi untuk masuk kembali kedalamnya, karena secara implisit ia bukan produk dalam negeri lagi T.T

Butuh niat yang baru untuk gabung di Koprol lagi.

16 comments:

  1. lo sudah diakuisisi toh ? wah saya sudah lama nggak buka koprol,hore komen pertamakah ? mengamankan pertamax ^_______^

    ReplyDelete
  2. @ Si Paijah, anak koprol juga yak :D
    @ Abrari, terlalu idealis ga menurut lu brar?

    ReplyDelete
  3. emang sih akuisisi bukan pasti berarti hal buruk bagi Koprol, jika diambil oleh tangan yang tepat tentu bisa menjadi hal yang positif bagi Koprol namun tetap saja tiada orang lain yang mengenal Koprol sebaik para foundernya dan mencari investor yang satu visi merupakan hal yang sangat sulit.

    ReplyDelete
  4. saya cuma nitip akun di sana, sesekali online saja

    ReplyDelete
  5. @ Asrul, Kalo udah menyangkut suntikan dana emang udah laen ceritanya. Ntar laen kali gw bahas tentang suntik-menyuntik dana ini ah. Tunggu bahasannya yak..
    @ Si Paijah, terus OL nya dimana aja bu..

    ReplyDelete
  6. Saya baru denger... mungkin karena saya gak suka yang social network kali ya.. Fb dan TW juga gak aktif... cuman ambil yang berbayar aja...

    ReplyDelete
  7. Yang berbayar kang? Yang kayak gimana tuh?

    ReplyDelete
  8. yay.. saia baru saja bikin akun di koprol. (maklum nubie gan).
    merasa bangga padahal terjajah mungkin gitu ya istilahnya gan? :iloveindonesia:

    ReplyDelete
  9. Ho, ho, silahkan menikmati layanan koprol yang aduhai :D

    ReplyDelete
  10. Ada beberapa hal yang tidak diadopsi oleh koprol dibandingkan foursquare atau gowalla. Salah satunya adalah lokasi pengguna bukan merupakan lokasi yang real-time (sesuai GPS).

    ReplyDelete
  11. Sepertinya kata yang lebih pantas adalah "belum" di adopsi oleh koprol. Dan hal yang tidak diadopsi oleh foursquare ato gowalla dari koprol adalah bahwa koprol adalah made in Indonesia :)

    ReplyDelete
  12. terlalu idealis, kalau bukan yahoo lalu siapa yang akusisi?
    syukur2 ada potensi lokal yang dilirik luar tapi tetap dibrand Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Nah, itu yang masih terpikirkan oleh saya kang :)

    ReplyDelete

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.