My Blog List

BBM Naik..

Banyak sekali berita yang menayangkan demo besar-besaran agar harga BBM tidak naik dibalik pemerintah yang sedang mengadakan rapat tentang penarikan subsidi BBM ini. Alasannya tentu mudah, masyarakat tidak menginginkan adanya kenaikan harga juga pada berbagai sektor perdagangan di Indonesia, terutama pada sembako. Beberapa bukti sudah menggambarkan bahwa rencana pemerintah ini kurang efisien. Terlihat sekali telah terjadi kenaikan harga diberbagai sektor perdagangan, padahal penarikan subsidi BBM pun belum diputuskan. Aneh bukan?

Mari kita bicara dari sisi pemerintah. Pemerintah beralasan agar keuangan pemerintah tidak terkuras untuk terus mensubsidi masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga minyak dunia. Ini juga dimaksudkan agar masyarakat yang ingin menghabiskan minyak subsidi hanya untuk tujuan hura-hura belaka agar dapat berpikir beberapa kali. Disinilah kemudian terkuak sebuah realita bahasa yang selama ini salah terucap dari mulut kita. Pemerintah bukan akan menaikkan harga BBM! Tetapi menarik subsidi BBM! Dengan kata lain, kita akan dihadapkan dengan harga BBM yang sesungguhnya yang memang sudah mahal dari sononya. Dapatkah kita berkelit? Disisi lain pemerintah ingin melaksanakan apa yang telah dituntut oleh masyarakat, dana APBN 20% untuk pendidikan, walau kita tidak dapat menjamin apakah hal itu dapat terlaksana apa adanya.

Giliran kita berbicara dengan dari sisi masyarakat. Alasannya bahwa harga barang-barang dimasyarakat akan otomatis naik saat terjadi kenaikan harga BBM. Realita. Memang benar terjadi. Terutama pada harga barang-barang sembako, kenaikannya dapat mencapai 80%. Tentunya kita tidak akan mau bila hal itu sampai terjadi.

Oke. Giliran kita yang berbicara dari sisi kita sendiri. Hmm.. Kurang tepat bahasanya. Mari kita bicara.. Subsidi.. Apakah anda tau makna daripada subsidi? Subsidi, potongan harga, diskon, atau kalo kita memang ingin jujur, harga kasih sayang. Dari sana kita dapat menyimpulkan bahwasannya selama ini masyarakat Indonesia telah diberi kasih sayang dalam masalah harga! Terutama BBM! Mau dikasihani terus? Masa sok-sok-an punya mobil, motor, tapi masalah BBM dikasihani gitu sama pemerintah? Apa kita tidak mau bangun bersama dengan kemungkinan keputusan pemerintah ini? Apa jawaban anda? Apa jawaban kita?

Sekarang giliran orang lain yang membicarakan kita. Ngomong apa sih lu?

No comments:

Post a Comment

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.