My Blog List

Inovasi Main-Tab Google Search

Meski beberapa saat yang lalu dikabarkan Google telah melepas layanan Standalone Google Wave mereka dikarenakan kurangnya respon dari penggunanya. Namun teknologinya akan tetap digunakan untuk layanan yang lain, mungkin akan diadaptasikan pada Gtalk? [gw sendiri juga pusing make Google Wave :D]


Entah yang dimaksud "layanan standalone" yang mana, Google Wave sendiri masih dapat diakses. Silahkan bagi yang mau tahu Google Wave sebelum akhirnya [beneran] ditutup.

Dibalik kabar buruk tersebut, di ranah search engine, Google makin sangar.

Inovasi demi inovasi terus dipublish demi memuaskan user yang menggunakan layanan search engine mereka.

Inovasi terbaru ada di Main-Tab Google Search. Berikut screeshot yang gw ambil,


Tampilan hasil pencarian Google Images yang kini mengikuti main-tab Google. Berbeda dengan tampilan sebelumnya yang tersusun dengan rapih lengkap dengan nama, ukuran, dan alamat file, hasil pencarian disajikan "padat" tanpa metadata secara langsung. Mungkin agar dapat menyajikan sebanyak2nya gambar yang di dapat.

Agak mirip dengan pencarian Bing, kini tiap kita fokuskan kursor pada sebuah gambar, gambar tersebut akan langsung ter-pop up lengkap dengan nama file, ukuran file, dan alamat file

Dan ketika di klik gambarnya, maka hasil nya akan keluar seperti gambar di atas, memberikan gambarnya dengan background webpage "secara tersamar" :)


Kemudian tidak ada lagi tombol next "ala Google". Sebagai penggantinya anda dapat men-scroll nya kebawah, gambar di atas memperlihatkan halaman dimana anda sudah mencari gambar yang dimaksud. Fitur yang satu ini agak mirip dengan extension Fastest Chrome di Chromium dan variannya [Google Chrome]

Halaman awal Gmail yang baru, ada tambahan "tab" Mail, Contact, dan Task. Compose mail juga yang dulu berupa link, sekarang "sudah jadi" icon :)

Tab Mail dengan sub-tab inbox, starred, sent item, dll. Juga folder2 lain hasil cuztomize kita sendiri. Disini nggak saya crop :)

Tab Contact, halaman email langsung menyajikan contact yang ada, kemudian sub-tab juga "berubah" menampilkan MyContacts, Friends, Family, dll.

Sedangkan Tab Task lebih khas, tidak ada tampilan yang berubah dari tampilan sebelumnya, juga tidak ada sub-tab. Namun akan ada pop-up seperti ini yang merupakan pop-up task.

Kiranya cukup meski hanya membahas Main-Tab di Google Images dan Gmail. Untuk Google News, Google Blog, dan lainnya bisa anda cari tahu sendiri.

info lebih lanjut tentang perubahan di Gmail bisa dilihat disini

11 comments:

  1. Wah..sampai kesitu rupanya sekarang..
    Thanks infonya

    ReplyDelete
  2. Semoga makin memanjakan kita sebagai pengguna y kang :)

    ReplyDelete
  3. Google Wave itu produk google yg paling sedikit manfaatnya buat saya. Bingung juga buat apa sih itu.. I'm just not into Google wave. Mudah2an inovasi selanjutnya lebih OK lah..

    << yg udah pernah ke kantor Google hahahaa

    ReplyDelete
  4. wah betul2
    jadi tambah keren tampilanya
    :D

    ReplyDelete
  5. @All, selamat menikmati layanan gratisan Google :)
    @Nonadita, lho, kemaren ke Amrik mampir juga toh ke Kantor Google mba?

    ReplyDelete
  6. Ini ngapain lagi pake acara terima kasih segala -,-

    ReplyDelete

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.