My Blog List

Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional di Timtim

Postingan berikut ini Postingan ni adalah postingan yang gw ambil dari daftar inbox gue.

Artikel2 ne gw anggap unik, n pantas kalo gw masukin ke blog gw.. Isinya adalah e-mail dari milis Blogor, dari milis Ika SMANXA, ato dari e-mail temen2 ja. Makanya jangan aneh buat yang dah baca2 artikel ni sebelumnya.. Dah lama banget gw pengen posting ne, tapi ga da waktu banget..

Buat yang ngerasa ne adalah artikel milik dia, tolong sesegera mungkin kasih tau gw, ntar biar gw kasih label tambahan.. Ya dah keep on AntiSimpel yak..

Bahasa Indonesia menjadi bahasa nasional di Timtim

[ Cuplikan dari milis jurnalisme, postingan pak Umar Said, pengelola Restoran INDONESIA di Prancis ]

Dalam pertemuan sambil makan yang sering diselingi dengan gelak-tawa itu ada sesuatu yang bisa dianggap besar dan serius.

Presiden Ramos Horta mengatakan bahwa ia merencanakan untuk mengumumkan dalam bulan Agustus, dalam rangka memperingati 10 tahun referendum Timor Timur, diresmikannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional di Timor Timur.

Bagi kami, yang mendengar rencana ini dari presiden Ramos Horta, merupakan hal yang baru dan penting sekali. Sebab, selama ini bahasa yang resmi dipakai sebagai bahasa nasional adalah bahasa Portugis dan Tetum, sedangkan bahasa Indonesia dan Inggris dipakai dalam pemerintahan dan bisnis. Jadi,bahasa Portugis akan digantikan dengan bahasa Indonesia.

Kalau rencana presiden Ramos Horta ini betul-betul dilaksanakan mulai Agustus, maka akan merupakan tindakan yang realis, berani, dan juga bisa membuka dimensi-dimensi baru dalam hubungan Indonesia dan Timor Timur ke depan.

Sebab, sekarang ini, bahasa Indonesia sudah banyak dipakai oleh rakyat Timor Timur, baik di kalangan penduduk untuk pergaulan dan dagang, maupun dikalangan pemerintahan atau untuk urusan-urusan resmi dengan jawatan-jawatan.

Bahkan, persentasenya bisa mencapai 80% dari penduduk. Dengan makin meningkatnya lalu lintas orang dan perdagangan dengan Indonesia, dan makin lancarnya komunikasi, maka peran bahasa Portugis makin terasa menjauh.

Dengan dibeberkannya rencana pengumuman pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional, maka presiden Ramos Horta menunjukkan kemauan politiknya yang lebih besar dan lebih maju lagi dalam menggalang hubungan persahabatan dengan Indonesia. Dan bahwa rencananya itu diutarakan di depan sahabat-sahabat seperjuangannya yang lama dan juga di restoran INDONESIA mempunyai arti tersendiri yang penting juga
from milis Blogor

No comments:

Post a Comment

Please NO JUNK and SPAM. Link included into SPAM.